Cara Mencari Channel TV yang Hilang Di Parabola

 Cara Mencari Channel TV yang Hilang Di Parabola 
Sering kali tiba-tiba semua siaran di televisi hilang, padahal sebelum tidak pernah mengotak-atik pengaturan. Kadang juga hanya beberapa stasiun TV saja yang layarnya gelap tidak muncul tayangan apapun. Mengapa ini terjadi dan bagaimana cara mencari channel TV yg hilang?

Dalam artikel kali ini saya akan membahas lengkap mulai dari penyebab hingga tutorial memperbaiki.  siaran TV anda (parabola ataupun antena analog).



Cara Mencari Channel TV yang Hilang di Parabola
Pertama-tama kita cek dulu untuk mencari sumber masalah, nyalakan TV dan receiver.


Kualitas Sinyal 0%
Signal Quality (SQ) atau kualitas sinyal yang bernilai 0% menunjukkan bahwa receiver tidak dapat menerima sinyal dari satelit. Tidak ada satupun siaran TV yang bisa dibuka. Kemungkinan besar ada yang salah dengan peralatan yang bertugas menerima sinyal seperti parabola, lnb, receiver dan kabel.

Terus langkah apa yang harus diambil untuk memperbaiki?


1. Cek apakah dish parabola bergeser? Hal ini mungkin terjadi karena hujan berangin, ditabrak kucing atau baut yang mulai kendor.

Gunakan aplikasi tracking satelit, Masukkan nama satelit target lalu gunakan. Berdirilah di belakang parabola, cek apakah arah sudah sesuai! Jika belum tepat silahkan benarkan arah dish sambil cek terus perubahan kualitas dan intensitas sinyal di receiver.
2. Kali ini giliran LNB, cabut LNB lalu pasangkan kembali dengan kencang. Kalau anda menggunakan lebih dari satu LNB, mungkin switch sudah rusak (kasus ini terjadi kalau umur DiSeqc sudah tua dan sering kehujanan)

3. Periksa sambungan kabel yang baik itu yang ada di parabola dan receiver, cabut dan pasang kembali dengan kuat.
4.  Untuk receiver sendiri asalkan bisa menyala hingga masuk ke daftar channel, kemungkinan baik baik saja. Receiver dinyatakan error jika sudah mati suri, satelit mode on, hang, bootlop dan berbagai kerusakan lain.

Setelah tracking dengan benar seharusnya pada receiver sudah muncul sinyal. Jika ternyata siaran yang hilang masih belum kembali, sebaiknya coba scan ulang semua satelit.

Cara scan ulang semua satelit dengan Matrix Garuda Merah. Untuk merk dan tipe lain letak menu dan tombolnya berbeda namun garis besar pengaturannya sama.
1. Klik Menu di remot, geser ke Instalasi.
2. Klik FAV untuk pilih semua satelit yang sudah dilock sebelumnya.
3. Klik Biru untuk memulai pencarian, pilih blind scan dan hanya FTA: Tidak.
4. Mulai pencarian dan tunggu beberapa saat hingga pencarian berakhir.
5. Cek apakah semua siaran yang hilang sudah muncul kembali.


Daftar urutan channel kemungkinan akan berubah, untuk mengembalikan seperti semua harus mengedit manual di Menu Edit Channel.

Bagi pengguna  yang pada receivernya belum  muncul coba cek frekuensi satelit atau Transponder ..untuk Telkom 4 .biasanya memakai . telkom 4 108.0E .transponder .4005 H 09000 untuk matrik parabola
,untuk lebih lengkapnya silahkan cek artikel saya sebelumnya ..di aulaku.com 

Hanya 1-2 Stasiun TV yang Hilang
Sering kali ada 1-2 channel yang hilang sedangkan yang lain masih ada. Misal RCTI akan hilang berbarengan dengan GTV atau Trans TV dengan Trans 7, yang seperti ini biasanya disebabkan adanya gangguan jaringan. 

Penyebab lain yang mungkin terjadi adalah stasiun TV tsb berganti frekuensi.  Jika iya, berarti dugaan frekuensi berubah benar adanya.

Solusinya memprogram TV secara manual (bukan otomatis). Tekan nomor dimana channel berada, klik Menu di remot, geser ke pengaturan lalu pilih pencarian manual hingga mendapatkan stasiun yang tadinya hilang.





Artikel Menarik :

LihatTutupKomentar