Cara Mengatasi Channel Ninmedia yang Menghilang

Cara Mengatasi Channel Ninmedia yang Menghilang



Sering kali channel Ninmedia tiba-tiba menghilang sehingga tidak bisa ditonton seperti biasanya. Secara umum penyebabnya ada dua hal yaitu kualitas sinyal yang ditangkap parabola dan siaran Ninmedia itu sendiri.

Sejak awal kemunculannya, TV Rakyat Indonesia ini sering bergonta ganti channel televisi. Banyak TV Swasta Nasional yang pergi dan digantikan dengan yang baru. Meskipun begitu Ninmedia masih menjadi favorit masyarakat berkat banyaknya pilihan saluran FTA.


Channel Ninmedia Menghilang
Jangan buru-buru naik ke atap untuk mengubah arah parabola. Perlu kita lihat dan perhatikan langkah langkah awal yang perlu di perhatikan sebelum mengubah parabolaNya
Nah di sini saya akan memberikan informasi mengenai hal-hal yang perlu di lakukan ...


1. Maintenance
Seperti pada tanggal 6 Juli 2019, Ninmedia akan melakukan maintenance satelit di satelit Chinasat 11 yang mungkin menyebabkan terjadinya gangguan pada sebagian besar saluran. Berikut isi postingan tersebut,
Yang harus kita lakukan hanya menunggu, do'akan saja supaya proses pemeliharaan transponder segera selesai. Biasanya butuh waktu beberapa jam saja, kalau ada gangguan/ kerusakan satelit pasti lebih lama.

2. Gangguan Satelit
Berbeda dengan maintenance (perawatan) yang sudah terjadwal, gangguan transmisi satelit bisa terjadi sewaktu-waktu. Penyelesaiannya kadang butuh waktu lama. Tidak ada yang bisa dilakukan selain menunggu pihak Ninmedia dan tim Chinasatcom melakukan perbaikan. Selalu ikuti fanspage FB Ninmedia untuk mendapatkan kabar terbaru.

Kasus terbaru terjadi pada 8 Mei 2020, tiba-tiba transponder 12560 V 43200 tidak ada sinyal. Stasiun TV Nasional yang digemari masyarakat terutama anak-anak seperti Net dan RTV menghilang. Anehnya transponder pertama 12500 V 43200 masih aman-aman saja.

Update Terbaru:
Bulan Mei sudah berakhir, sayangnya tidak ada tanda-tanda kehidupan dari frekuensi kedua Ninmedia.
Situasi ini mirip dengan BiG TV, dulu mereka punya beberapa frekuensi namun akhirnya cuma tersisa satu saja. Channel penting akan dimasukkan semua ke transponder Ninmedia 12500, setidaknya bisa muat 48 saluran televisi.

Mudah-mudahan prediksi wajanterbang salah. Semua siaran di 12560 akan dipindah ke transponder lain di Chinasat 11. Dengan begini Ninmedia bisa kembali mengudara seperti sedia kala. Doakan saja yang terbaik, saat ini tidak banyak pilihan untuk Ku-band.

3. Channel Berhenti Bersiaran
Saluran televisi yang menghilang bisa terjadi karena kontrak slot siaran telah habis. Seperti kita ketahui Ninmedia adalah penyedia Channel Hosting di satelit, pilihan TV di kedua transponder tergantung pada siapa yang menyewa slot.

Yang seperti ini bukan hanya siaran Free to Air saja, pada 1 Agustus ada tiga channel premium dari paket Mantul akan menghilang sesuai dengan pengumuman ini,

 Sahabat Ninmedia, sehubungan dengan berakhirnya periode kerjasama antara Ninmedia dengan SPI Internasional, maka dalam beberapa waktu ke depan, saluran Docubox, Fightbox dan Fast&Fun Box akan berhenti bersiaran. Namun kami akan terus berusaha untuk mendapatkan saluran pengganti yang lebih baik lagi agar dapat terus menghibur pemirsa Ninmedia di seluruh tanah air Indonesia.
Jujur ini sangat mengecewakan, apalagi sebagian besar dari kita memutuskan menjadi pengguna Ninmedia karena pilihan TV swasta Indonesia yang lengkap. Saat ini RCTI, MNC TV dan GTV telah menghilang, yang terbaru SCTV dan Indosiar teracak. Sebagai pengguna kita jelas tidak bisa apa-apa, menyalahkan teknisi juga tak mengubah keadaan.

4. Perubahan Frekuensi Channel
Saluran TV di Ninmedia sering datang dan pergi, tiap kali terjadi perubahan pasti ada siaran yang menghilang. Solusi termudah adalah scan ulang satelit Chinasat 11 di receiver rekomendasi. Biasanya akan muncul lagi dengan channel pengganti.

Ketiga masalah di atas berasal dari siaran Ninmedia itu sendiri. Sebagai pengguna kita tidak dapat berbuat apa-apa. Hanya bisa berharap semoga kualitas siaran makin baik namun masih banyak pilihan channel Free To Air.

5. Hujan
Ninmedia disiarkan melalui pita frekuensi Ku yang terkenal tidak tahan curah hujan tinggi. Saat mendung, gerimis hingga hujan lebat, kualitas sinyal akan turun dan akhirnya banyak channel menghilang.
Berikut ini tips sederhana supaya tetap bisa nonton Ninmedia walaupun hujan:

• Gunakan dish yang lebih lebar (100cm+), walaupun sinyal turun tapi kualitas lebih baik dibandingkan dish kecil bekas payTV.
• Fokus nembak Chinasat 11, jangan digabung satelit lain.
• Disarankan memasang penutup LNB misal botol plastik.
6. Parabola Bergeser
Sinyal yang hilang sering terjadi karena parabola bergeser sehingga tidak fokus ke arah Chinasat 11. Hasilnya kualitas sinyal menurun bahkan mungkin menghilang. Solusinya adalah tracking ulang, dapat dibantu pakai 
 
7. Kerusakan pada Peralatan lain.
Kita harus mengecek semua peralatan satu persatu mulai dari yang mudah dijangkau seperti kabel, receiver, konektor LNB, switch dan dish, tutorial lengkap sudah dibahas di artikel .

Artikel Menarik :

LihatTutupKomentar