Cara Mengatasi Siaran K Vision Rusak

Cara Mengatasi Siaran K Vision Rusak



Belakangan ini banyak pengguna K-Vision yang mengeluhkan siaran bermasalah, gambar pecah bak CD rusak ditambah video dan suara yang tersendat-sedat. Yang mengherankan rusaknya tayangan channel K-Vision terjadi tiba-tiba, tidak ada angin ataupun hujan.

TV digital satelit memerlukan data yang sempurna jika ingin menampilkan siaran yang sempurna. Tangkapan sinyal yang jelek menyebabkan transfer data tersendat sehingga Bit error rate (BER) makin tinggi. Akibatnya proses decode data menjadi video dan audio bermasalah. Saat hal ini terjadi sudah pasti tayangan pecah-pecah kadang tanpa suara.
Masalah siaran K-Vision seperti DVD rusak bisa terjadi pada semua saluran TV baik itu di paket Bromo ataupun Cartenz. Dari keluhan pengguna di grup facebook, siaran lag paling sering terjadi pada GTV. Sering kali siaran aman di pagi dan siang namun rusak di sore, kadang juga sebaliknya
Cara Mengatasi Siaran K Vision Rusak
Seperti dibahas sebelumnya yang paling berpengaruh adalah jeleknya kualitas sinyal, untuk itu kita harus memperkuat tangkapan sinyal. Banyak user yang bilang bahwa sebaiknya kualitas sinyal di atas 75%, di bawah itu pasti gampang bermasalah ketika cuaca berubah terutama hujan. Hal ini sering dialami oleh pengguna pengguna K-Vision Ku-band dengan parabola mini. Jarang terjadi pada parabola jaring kecuali ada peralatan yang rusak atau menurun performanya.
Sebelum memutuskan mengotak-atik pengaturan parabola, sebaiknya bertanya pada pengguna lain “Apakah siaran K Vision rusak di TV mereka?”. Kalau sama-sama bermasalah, kemungkinan siaran sudah error dari sononya (satelit). Silahkan cek channel lain, kalau GTV yang error bisa lihat RTV atau yang lainnya. Toh siaran dengan gambar rusak akan kembali normal dengan sendirinya.
Repointing Parabola
Solusi termurah adalah mengatur ulang arah parabola agar kualitas sinyal lebih maksimal. Caranya cukup geser dish perlahan sambil melihat perubahan sinyal di receiver. Perbedaan 1-2 derajat bisa berpengaruh terhadap kualitas sinyal yang ditangkap. Sinyal satelit measat 3a dan Palapa D sudah menjangkau seluruh wilayah Indonesia, seharusnya kualitas >75% bisa didapatkan di mana saja.
Saat mengatur ulang sebaiknya bersihkan jamur, debu, dedauan dan lumut yang mungkin ada dalam dish parabola. Copot kabel yang ditancapkan ke konektor LNB, hilangkan karat yang ada. Selain itu perhatikan sekitar parabola, potong daun/ dahan yang menghalangi arah parabola ke satelit.
Kesensitifan LNB Melemah
LNB atau Low Noise Block merupakan komponen yang bertugas menangkap sinyal satelit yang dikumpulkan oleh parabola lalu diteruskan ke decoder melalui kabel. Seiring berjalannya waktu, kepekaan LNB terhadap sinyal semakin melemah. Wajar ya apalagi LNB terpapar sinar matahari dan hujan secara langsung.
Di internet ada tutorial untuk meningkatkan tingkat kesensitifan LNB dengan modif. Meskipun begitu Freqnesia lebih menyarankan beli LNB baru dibandingkan mengotak atik LNB. Sebelum itu silahkan cek dengan memasangkan LNB lain yang normal. Jika LNB tersebut bisa menangkap kualitas lebih baik, kemungkinan LNB lama sudah melemah.
Cek Decoder
Alat tempur berbentuk kotak ini bertugas mengubah sinyal data menjadi video dan audio. Kalau decoder tidak bisa decode data dari satelit secara sempurna hasilnya siaran K-Vision lag bak CD rusak. Silahkan cek terlebih dahulu dengan meminjam milik tetangga yang normal, jika siaran lancar berarti ada masalah di decodermu.
Proses decode yang error bisa dikarenakan kalian upgrade SW yang tidak cocok. Solusi paling simpel yang bisa dilakukan sendiri adalah reset ke pengaturan pabrik. Kalau decoder masih bergaransi silahkan dibawa kembali ke toko agar diperbaiki. Jika yang bermasalah adalah komponen di dalamnya lebih baik menggunakan jasa teknisi.
Dish yang Lebih Besar
Masalah siaran K Vision rusak tersendat-sendat sering terjadi pada parabola mini. Seperti dibahas pada artikel Cara mengatasi sinyal parabola hilang saat hujan, Ku-band (K Vision Measat 3a) tidak tahan terhadap perubahan cuaca. Saat pagi hingga siang, siaran lancar namun ketika malam sinyal turun drastis. Sinyal pasti langsung ambyar walaupun langit hanya mendung.
Yang paling parah adalah parabola mini berukuran 45 cm yang biasanya dijual dalam paket promosi. Jalur ku-band memang tidak butuh dish lebar namun demi kenyamanan disarankan ganti ke dish yang lebih lebar (80 cm atau 100 cm). Dengan begini kualitas sinyal pasti lebih bagus dan tidak mudah terpengaruh hujan.
Alternatif lain adalah beralih ke C-band, pita frekuensi ini lebih tahan cuaca dan cocok untuk Indonesia yang memiliki curah hujan tinggi. Kalian tidak perlu ganti semua karena decoder K-Vision terbaru sudah Hybrid (bisa C-band dan Ku-band), cukup ganti ke parabola jaring dan LNB saja.

Artikel Menarik :

LihatTutupKomentar