Cara Mudah Lock Satelit Asiasat 9

Cara Mudah Lock Satelit Asiasat 9






Sobat satelit mania, Satelit Asiasat 9 belakangan ini benar-benar menjadi bahan perbincangan dikalangan tracker. Betapa tidak provider Tivi Plus yang selama ini tergabung dalam transponder milik Ninmedia saat ini telah migrasi dan aktif di satelit Asiasat 9.
Nah, pada kesempatan kali ini kami mencoba memberikan tutorial secara umum bagaimana cara mudah lock satelit Asiasat 9 dengan menggunakan dish mini (dish eks pay tv).
Perlu diketahui panduan nantinya hanya sebagai referensi tambahan saja bagi anda yang berkeinginan melock asiasat 9. Dimana posisi antena di satu wilayah berbeda di wilayah lainnya sehingga memungkinkan anda perlu referensi tambahan lainnya..
Namun kami rasa tidak salahnya anda tetap menyimak panduan diartikel kali ini, terkhusus anda masih pemula sekali.
Baiklah,... kita mulai saja.
Yang perlu diketahui bahwa satelit Asiasat berada pada orbit 122 derajat bujur timur, yang sebagian besar wilayah khususnya Kalimantan, Sumatera, Sulawesi dan sebagian Pulau Jawa arah antena parabola condong ke timur (matahari terbit). Dengan kata lain akan bertolak belakang dengan arah antena pada satelit Chinasat 11 (Ninmedia).
Cara Lock Siaran Tivi Plus dengan Mudah
Kami anggap semua perlengkapan sudah semua tersedia, dan hanya akan memulai proses tracking. Ok, mula-mula silahkan buat dulu nama satelit di pengaturan receiver (optimal). Caranya pernah kami share (sebagai contoh) diartikel dengan judul : Cara Lengkap Bagaimana Menambahkan Satelit Telkom 4.
Selanjutnya yang perlu diperhatikan dari artikel diatas adalah setting LNB-Freq bila disana terpilih 5150 ( untuk C Band), maka silahkan ubah menjadi Universal (9750-10600) (untuk KU Band) selebihnya tinggal sesuaikan saja, lalu save perubahan.
Berikutnya silahkan tambahkan data transponder asiasat 9. Dalam hal ini kami memasukan transponder 11.490 V 45.000 milik MYTV Broadcasting yang kami anggap adalah frekuensi terkuat di Asiasat 9 KU band.
Bila sudah, mulai melakukan tracking kesatelit asiasat 9 dengan memposisikan transponder yang baru kita input.
Perhatikan bar signal pada monitor, mulailah menggerakan antena keatas-kebawah (barat-timur) secara perlahan. Bila belum ditemukan tanda-tanda sinyal lakukan kembali cara awal tadi dengan mengkombinasikan menggerakan antena ke utara-selatan.
Perlu kesabaran memang untuk melakukan tracking, bila sinyal juga belum terdeteksi memutar antena secara horisontal perlu anda lakukan.
Frekuensi diatas sangat luber, sehingga kemungkinan terlock bagi para pemula sangat cepat. Maka, kami anggap sinyal tersebut terdeteksi maksimal kan sinyalnya hingga 83% (kami menggunakan receiver Skybox A1 Plus). Bila sudah coba kecangkan terlebih dahulu baut mounting utama hingga kecang.
Bila sudah, silahkan scan transponder tersebut hingga selesai. Selanjutnya silahkan masukan lagi transponder (frekuensi dan simbol rate) target yaitu transponder Tivi Plus yaitu 12.655 V 45.000 dilanjutkan scan sampai selesai.

Artikel Menarik :

LihatTutupKomentar