CARA INSTALASI LNB 4IN1 . PALAPA, TELKOM 4, ASIASAT 7, ASIASAT 5.

CARA INSTALASI LNB 4IN1 . PALAPA, TELKOM 4, ASIASAT 7, ASIASAT 5.

1. Langkah pertama adalah siapkan perangkat LNB 4in1 dan Antena Jaring yang sudah di rakit. Antena yang digunakan adalah minimal 7 Feet.



2. Rakit Piringan tersebut dari 2 bagian menjadi 1 menggunakan plat yang sudah disediakan. Terlihat pada Gambar dibawah ini dari sisi sebelahnya tidak menggunakan plat. Plat tersebut sebenarnya disediakan 2 tapi hanya 1 saja yang kita pakai. 

3. Pasang 4 tabung LNB tersebut kedalam piringan yang sudah dirakit menjadi 1 bagian.


4. Pasang LNB tersebut ke tiang Fokus LNB. Terlihat pada Gambar dibawah terdapat keterangan jarak untuk pertiap Tabung lnbnya.

Jarak Antara Palapa dan Telkom 4 adalah 1Cm.

Jarak Antara Telkom 4 dan Asiasat 7 adalah 1Cm.

Jarak Antara Asiasat 7 dan Asiasat 5 adalah 2Cm.


5. Sesudah LNB di pasang pada Parabola menggunakan Kabel yang menghubungkan antara LNB dengan Receiver. Saatnya untuk mencari sinyal. Pertama kali yang kita lakukan adalah mencari garis sejajar satelit mulai dari Palapa sampai dengan Asiasat 5. Tutorial kali ini menggunakan LGSAT STARS.

Untuk melakukan pencarian gariss jajar satelit silahkan ganti pengaturan dish nya ke port 3


Pointing Antena sampai mendapatkan sinyal di Palapa.

6. Jika sudah mendapatkan sinyal di palapa sekarang geser Antena tersebut kearah Telkom 4 berhubung garis bujur Telkom 4 adalah 108.0 maka posisi satelit Telkom berada di atas palapa. Lakukan langkah seperti pertama ubah setingan diseqc Telkom 4 menjadi Port 3. Jika Pointing Antena sudah pas dan sejajar, Antena tidak perlu diubah settingan Deklinasinya. Hanya tinggal menggeser Antena dari Posisi Timur ke Barat. Maka akan langsung pas antara satelit Palapa, Telkom 4, Asiasat 7 dan Asiasat 5 akan mendapatkan sinyal ketika antena di geser.


7. Ubahlah arah Parabola andaa  kearah barat untuk mendapatkan satelit Asiasat 7 . Dan jangan lupa untuk ubah setingan diseqcnya. Cari Sinyal terkuat untuk mempermudah mendapatkan sinyal.


8. Jika sudah mendapatkan sinyal Asiasat 7 maka, sekarang Geser Antena tersebut untuk mendapatkan sinyal satelit Asiasat 5. Karena posisi satellite tersebut berada diatas Satelit Asiasat 7 dengan garis bujur 100.5.


9. Jika sudah semua mendapatkan sinyal dengan hanya menggeser antena saja tidak perlu untuk mengubah kemiringan antena tersebut bisa dikatakan LNB dan Posisi antena sudah garis sejajar satelit. Gantilah pengaturan Diseqc Palapa menjadi Port 1, Telkom 4 menjadi Port 2, Asiasat 7 menjadi Port 3 dan Asiasat 5 menjadi Port 4. Setelah semua satelit diubah setingan Diseqcnya. Lalu tracking parabola kearah barat untuk mendapatkan sinyal di satelit Palapa.

Artikel Menarik :

LihatTutupKomentar