Iklan

TV ANALOG AKAN DI HENTIKAN ATAU DI MIGRASIKAN KE DIGITAL . BAGAIMANA NASIB PENGGUNA ANTENA BIASA?

TV ANALOG AKAN DI HENTIKAN ATAU DI MIGRASIKAN KE DIGITAL . BAGAIMANA NASIB PENGGUNA ANTENA BIASA?





Pada pers kominfo 2 Desember 2020 di sampaikan oleh pihak kominfo bahwa siaran televisi analog akan di hentika paling lambat tgl 2 November 2022.
Lalu bagaimana nasib pengguna tv analog produksi lama ?
Terkait hal ini pihak kominfo sudah menyatakan bahawa tv. Analog biasa tetap bisa menyiarkan namun harus menggunakan alat bantu set top box (STB) .
Dan untuk decoder tersebut di bandrol dengan harga 200.000 per unit . Lalu bagaimana dengan masyarakat kalangan bawah agar bisa menikmati siaran ini . Untuk kalangan bawah akan ada subsidi pembelian decoder baru dengan diskon 50% atau 100.000 per unit .
Sedangkan untuk para pengguna TV parabola maupun TV kabel, adanya migrasi TV analog ke TV digital ini tak akan banyak berpengaruh.
Efisiensi
Perubahan ini menunjukkan bahwa siaran televisi itu sekarang sudah menjadi tren di dunia sejak tahun 2007 sejalan dengan semakin meningkatnya penggunaan internet.
Karenanya, di seluruh dunia melakukan penghematan penggunaan pita 700 MHz dengan pemanfaatan TV digital yang lebih efisien.
“Dengan perubahan ke TV digital maka penghematan spektrum tersebut bisa digunakan untuk peningkatan kualitas layanan internet, kebencanaan, pendidikan, dan kesehatan,” terang dia.
Perbedaan TV digital dan TV analog
Lantas, sebenarnya apa perbedaan TV digital dan TV analog?
Agar bisa mengetahui perbedaan dari keduanya, Gery menerangkan bahwa baik TV digital maupun TV analog, keduanya sama-sama dapat diterima di rumah-rumah dengan antena terestrial.
Namun akan ada perbedaan di antara perubahan tersebut , salah satunya dipancarkan dari stasiun TV menggunakan sinyal analog dan yang satu lagi menggunakan sinyal digital.
Apabila sudah bisa menerima siaran televisi maka TV digital terlihat signifikan perbedaan kualitas gambar dan suaranya lebih jernih dan tidak berbintik seperti di TV analog,” ujar dia.
Itulah penjelas mengenai perubaha dari tv analog menjadi digital yang di informasi kan oleh keminfo yang bisa saya bagikan untuk pemirsa sekalin

Belum ada Komentar untuk "TV ANALOG AKAN DI HENTIKAN ATAU DI MIGRASIKAN KE DIGITAL . BAGAIMANA NASIB PENGGUNA ANTENA BIASA? "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel